10 Destinasi Wisata yang Mereka Tak Ingin Anda Temui

destinasi wisata, wisata Kanada, wisata Italia, wisata Peru, wisata Bolivia, wisata Indonesia, wisata Yaman, wisata Turki, wisata China, wisata Brasil

Rahasia dunia pariwisata yang perlu Anda ketahui, 10 destinasi wisata eksotis dan menarik yang mungkin tidak begitu populer tapi tetap menawarkan pengalaman tak terlupakan.

Terkadang, destinasi wisata terpopuler bukanlah tempat yang paling menarik untuk dikunjungi. Justru tempat-tempat yang kurang dikenal luas sering kali menyimpan keindahan dan pesona yang tak terduga sebelumnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 destinasi wisata yang mungkin dilupakan oleh mayoritas orang, namun tetap layak untuk Anda kunjungi.

1. Haida Gwaii, Kanada

Haida Gwaii, atau lebih dikenal sebagai Kepulauan Queen Charlotte, merupakan gugusan pulau yang terletak di pantai barat laut Kanada. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, mulai dari hutan hujan yang lebat, pegunungan, hingga pantai berpasir putih. Selain keindahan alam, Anda juga akan menemui budaya Haida yang kaya serta menyaksikan keberadaan berbagai spesies langka, seperti elang botak dan beruang hitam.

Selama berwisata di sini, Anda bisa merasakan kedamaian dan kesunyian, sekaligus menggali lebih dalam tentang keindahan alam dan budaya Haida. Nikmati pula kegiatan seperti memancing, kayak, bersepeda, maupun menjelajahi sejarah dan kesenian Haida di Haida Heritage Centre di Kay Llnagaay.

2. Matera, Italia

Matera adalah salah satu kota tertua di dunia yang terletak di wilayah Basilicata, Italia. Kota ini terkenal dengan ciri khas arsitekturnya, yaitu rumah-rumah gua yang disebut "Sassi di Matera". Sejak ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993, tempat ini berhasil meraih perhatian wisatawan yang hendak menikmati keunikan pariwisatanya.

Dengan berkendara sekitar satu jam dari kota Bari, Anda akan tiba di Matera dan bisa langsung menjelajahi keajaiban kota gua ini. Sambil menikmati pemandangan indah, jangan lewatkan pula untuk mencicipi kuliner khas Matera yang lezat, seperti pasta, pizza, dan produk olahan daging. Matera juga menawarkan berbagai pilihan penginapan menarik yang banyak mengusung konsep rumah gua.

3. Salinas de Maras, Peru

Salinas de Maras terletak di Lembah Urubamba, Peru, dan merupakan kawasan tambang garam yang telah beroperasi sejak zaman Inka. Tak hanya peninggalan budaya yang menarik untuk dijelajahi, wisatawan yang berkunjung ke sini juga akan disajikan pemandangan spektakuler: ribuan kolam garam yang dikelola oleh para petani garam setempat.

Untuk mengunjungi Salinas de Maras, Anda bisa berangkat dari kota Cusco, yang terkenal dengan Machu Picchu. Selama perjalanan, nikmati pemandangan alam yang indah dan sempatkan mengunjungi tempat-tempat wisata sekitar, seperti Situs Arkeologi Moray dan kota Ollantaytambo yang kaya sejarah.

4. Isla del Sol, Bolivia

Isla del Sol atau Pulau Matahari adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Danau Titicaca, antara perbatasan Peru dan Bolivia. Dikenal sebagai tempat kelahiran Inka, pulau ini menyimpan banyak cerita mitologis dan peninggalan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Selain itu, pemandangan alamnya yang memukau membuat Isla del Sol menjadi destinasi wajib bagi pencinta alam.

Dari kota Copacabana di Bolivia, Anda bisa menaiki perahu untuk menuju ke pulau ini. Tak hanya mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Chincana dan Pilkokaina, Anda juga dapat menikmati kegiatan seperti hiking, berenang, atau sekadar berjalan-jalan menikmati keindahan alam Pulau Matahari.

5. Sumba, Indonesia

Terletak di sebelah timur Pulau Bali, Sumba merupakan salah satu destinasi wisata yang masih jarang tersentuh oleh wisatawan, sehingga menawarkan panorama alam yang lebih asri dan autentik. Pulau ini menampilkan keindahan pantai-pantai eksotis, perbukitan hijau, dan taman nasional yang banyak dihuni oleh satwa endemik, seperti kuda Sumba dan burung Sumba hornbill.

Wisatawan yang berkunjung ke Sumba bisa menjelajahi berbagai atraksi wisata, seperti menselancar di Pantai Nihiwatu, mengunjungi Air Terjun Lapopu, atau mengamati kebiasaan masyarakat lokal yang masih hidup dengan tradisi luhur. Pengalaman menginap di rumah adat Sumba, yang dikenal sebagai rumah Uma Mbatangu, juga menjadi pilihan yang menarik untuk menambah pengalaman berwisata.

6. Socotra, Yaman

Terletak di lepas pantai Somalia, Socotra merupakan satu dari empat pulau yang termasuk dalam Kepulauan Socotra. Pulau ini terkenal dengan keanekaragaman hayatinya yang unik, dengan sejumlah spesies tumbuhan dan hewan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Salah satu contohnya adalah pohon Drakula atau Dracaena cinnabari, yang bentuknya mirip payung terbalik.

Untuk mencapai Socotra, wisatawan dapat melalui penerbangan dari ibukota Yaman, Sana'a, atau dari kota Salalah di Oman. Meskipun jalur perjalanan ke pulau ini terbatas karena situasi politik di Yaman yang kurang kondusif, pulau Socotra tetap menawarkan pengalaman wisata yang unik dan tidak bisa ditemukan di destinasi manapun juga.

7. Goreme, Turki

Terletak di wilayah Kapadokia, Turki, Goreme merupakan kota yang terkenal akan keajaiban alam dan budayanya. Anda akan menemukan rumah-rumah gua, gereja, dan bangunan bersejarah yang tersembunyi di balik struktur batu-batuan yang unik, yang disebut "kastil peri". Selain itu, pemandangan balon udara yang melayang di langit Goreme pada pagi hari menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Goreme adalah tur balon udara, yang akan membuat Anda merasakan sensasi terbang mengudara sambil menikmati indahnya pemandangan Kapadokia. Selain itu, wisatawan bisa menjelajahi taman-taman di sekitar, seperti Taman Nasional Göreme, serta mengunjungi beberapa museum yang menawarkan wawasan mengenai sejarah dan kebudayaan lokal.

8. Jiuzhaigou, China

Jiuzhaigou merupakan sebuah lembah yang terletak di Provinsi Sichuan, China, dan dikenal sebagai salah satu kawasan dengan pemandangan alam terindah di negeri tersebut. Lembah ini memiliki beberapa danau yang sangat indah, berwarna biru hingga hijau keemasan, serta air terjun spektakuler yang membuat siapa saja terpesona kala melihatnya.

Selain menikmati keindahan panorama alamnya, Anda juga bisa menemui budaya lokal suku Tibet dan Qiang yang kental. Beberapa kawasan desa tradisional, seperti Jianpan, terbuka untuk dikunjungi, menjadikan Jiuzhaigou sebagai destinasi wisata yang lengkap, baik dari sisi keindahan alam maupun kekayaan budaya.

9. Chapada Diamantina, Brasil

Chapada Diamantina merupakan kawasan pegunungan yang terletak di negara bagian Bahia, Brasil, dan menawarkan pemandangan alam yang spektakuler, seperti tebing-tebing batu, perbukitan hijau, gua-gua, dan air terjun. Tempat ini juga memiliki sejarah menarik: di masa lalu merupakan pusat pertambangan berlian di Brasil. Oleh karena itu, banyak peninggalan sejarah yang bisa dijumpai saat mengunjungi Chapada Diamantina.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Anda bisa berkunjung ke kota kecil Lençóis, yang menjadi pintu masuk ke kawasan ini dan menyajikan kesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal serta menikmati hidangan khas Brasil. Selain itu, pastikan untuk mencicipi keindahan pegunungan Chapada Diamantina melalui kegiatan seperti mendaki, menelusuri gua, dan menyusuri jalur water tubing.

10. Waiheke Island, Selandia Baru

Terletak di Teluk Hauraki, sekitar 35 menit dari kota Auckland, Waiheke Island adalah pulau terbesar kedua di Selandia Baru dan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Pulau ini terkenal akan keindahan pantainya yang masih alami, hutan-hutan hijau, serta panorama perbukitan yang indah. Selain itu, Waiheke Island juga dikenal sebagai sentra produksi anggur dan memiliki banyak boutique wineries yang menawarkan wine tasting.

Dari melakukan kegiatan seperti berjalan kaki menikmati keindahan alam, berenang, atau bersepeda, hingga menjelajahi sejumlah winery dengan cita rasa anggur yang luar biasa – Waiheke Island siap memanjakan Anda dengan berbagai pengalaman berkesan.

Dari 10 destinasi wisata di atas, manakah yang akan Anda pilih untuk dikunjungi? Jangan ragu untuk menjelajahi destinasi-destinasi eksotis ini, sebab mereka ingin menciptakan kenangan berharga yang akan terukir dalam hati Anda selamanya.

Posting Komentar

© Saxci. All rights reserved. Premium By Raushan Design